Pemuda Mapan

Pemuda Masa Depan. Pidato yang dipersembahkan Menik Nur Aini dalam Lomba Pospeda 2016 dengan perolehan Juara II dan Jura I di hati seluruh saudara ALQOHAR UNITED.


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
باسم الله الرحمن الرحيم، الحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، أَشْهَدُ اَنْ لَاإِلَهَ إِلاَّ اللهَ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِيْن، سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ.

Yang kami hormati, Para Alim Ulama di wilayah Kabupaten Klaten
Yang kami hormati, Seluruh jajaran pejabat di Tingkat Kabupaten Klaten
Yang kami hormati, para dewan juri
Dan tidak lupa pula teman-teman seperjuangan menempuh jalan kesungguh-sungguhan dalam meniti Ridha Allah..,

Perkenankanlah, kami disini untuk akan membawakan sebuah pidato, berjudul “Pemuda Pemimpin Masa Depan: Keutamaan Pemuda di dalam agama Islam”.

Hadirin Sekalian yang dirahmati Allah,
Masa muda adalah masa yang berapi-api. Demikian yang sering kita dengar dari Bang Haji Roma Irama. Masa-masa yang penuh semangat!

Banyak Ayat-ayat Al-Quran hadis yang berkenaan dengan keutamaan pemuda. Mereka yang beriman kepada Nabi Musa melawan Fir’aun adalah golongan pemuda. Mereka yang kemudian disebut Ashabul Kahfi. Bersembunyi di gua menjaga iman, adalah golongan pemuda. Nabi Ibrahim yang gagah berani menghancurkan patung-patung berhala, adalah golongan dari pemuda.

Hadirian sekalian rohimakumullah,
Pemuda sebagai teladan. Sebutlah contoh, Nabi isma'il alihis salam. Masih muda belia. Rela mengorbankan diri, disembelih, karena sedemikian taatnya kepada Allah dan orangtuanya.

Nabi Yusuf alaihissalam. Juga muda belia. Digoda wanita yang sangat cantik berbuat zina. Ada kesempatan. Sama-sama bergairah. Tapi nabi Yusuf malah menolak. Memilih dipenjara semata-mata karena keimanannya kepada Allah SWT.

Muda. Tangguh imannya. Jika kita buka Tafsir Ibn Katsir, mayoritas yang iman kepada Nabi adalah kalangan muda. Contoh: Sahabat Abu Bakar, masuk Islam pada Usia 38 tahun, Sahabat Umar, Islam pada umur 28 tahun. Dan tentu saja Sayyidina Ali. Masuk Islam pada umur kurang dari 10 tahun dan masih banyak lagi lainnya yang masuk Islam dalam kisaran umur 12,13,14 dan 15 tahun.

Yang Muda, yang berani berkorban!
Yang muda, yang berani menjaga iman!
Yang muda, yang segera masuk Islam!


Hadirian sekalian rohimakumullah,
Tidak hanya Allah di dalam al-Qur’an yang menjadikan pemuda sebagai teladan. Nabipun di dalam hadisnya menyebut: "Ada 7 golongan manusia yang akan dinaungi oleh Allah yang pada hari itu, tidak ada naungan, kecuali naungan Allah. Salah satu dari ketujuh orang beruntung tersebut adalah pemuda yang tekun beribadah kepada Allah.

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Allah Ta’ala benar-benar kagum ter­hadap seorang pemuda yang tidak memperturutkan hawa nafsunya. Sebaliknya, dia membiasakan diri melakukan kebaikan dan berusaha keras menjauhi keburukan.


Hadirian sekalian rohimakumullah,
Terakhir yang ingin saya sampaikan. Kepada diri saya sendiri dan semua pemuda yang menggenggam masa depan. Dua buah hadis pengingat, untuk tidak menyia-nyiakan masa muda, karena semua manusia pada Hari Kiamat nanti akan ditanya tentang 5 (perkara), yang beberapa pertanyaannya adalah menyangkut: UMUR. Kemana dia habiskan? Tentang MASA MUDA. Dimana dia habiskan?.




Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara :
[1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
[2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
[3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
[4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
[5] Hidupmu sebelum datang kematianmu."

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ :
    شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ
 وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ
وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ
وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ
وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ 

Hadirian sekalian rohimakumullah,
Bung Karno pernah berkata: “Berilah aku 10 pemuda!!! Akan kugoncangkan dunia!!!!” Semoga kita semua termasuk pemuda yang dimaksud Bung Karno. Pemuda yang mengguncang dunia!!! Amin ya Robbal alamin.. Akhirul Kalam.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Komentar

Related stories